Fakta Tentang Film ‘The Nun’

Anda pastinya masih ingat dengan valak kan ? Valak merupakan sosok hantu yang berwujud biarawati dari film sebelumnya yaitu The Conjuring 2, yang memang sempat viral di media sosial belum lama ini. Sampai sosoknya dijadikan bahan meme yang cukup kocak. Saking populernya sosok valak ini, Warner Bros yang kemudian akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah film khusus Valak, untuk mengungkap sebuah cerita misterius yang berada di balik asal-usul dari hantu ini. Diberi judul The Nun, film ini yang kemudian dijadwalkan rilis di bioskop seluruh dunia pada bulan September 2019 lalu.

Para pecinta film, khususnya untuk film horor pastinya akan sangat senang menonton film horor The Nun ini. Seperti yang kita kenal valak yang muncul penuh dengan misteri di dalamnya, dan pastinya membuat sebagian orang penasaran, sebenarnya siapa dan bagaimana awal kisah dari valak ini ?

Fakta Tentang Film ‘The Nun’

The Nun ini akan menjadi sebuah film yang khusus mengulas tentang kisah Valak. Dalam film ini nantinya akan mengeksplorasi tentang sebuah kehidupan seorang biarawati yang kemudian mati bunuh diri. Bisa jadi, kematian sang biarawati tersebut menjadi sebuah alasan utama yang ada di balik roh jahat Valak yang kerap mengganggu jiwa-jiwa seseorang.

Ya, Valak memang dikisahkan sebagai sosok roh jahat yang terinspirasi dari roh yang menghantui rumah Lorraine Warren. Kisah Valak yang kemudian diungkap oleh seorang suster muda dari gereja Vatikan. Irene merupakan suster muda yang diperankan oleh (Taisa Farminga) yang dikirim pergi ke Rumania.

Mengungkap misteri identitas dan kematian Valak

Cerita di dalam film The Nun yaitu diawali dengan kedatangan seorang suster muda yaitu Irene dari gereja Vatikan yang di dikirim ke Rumania untuk menyelidiki sebuah hal. Kedatangannya di sana adalah untuk mencari tahu tentang kematian sosok biarawati yang telah meninggal bunuh diri dengan cara misterius pada tahun sebelumnya. Konon sejak kecil, suster Irene yang kerap mendapatkan sebuah penglihatan tentang biarawati tersebut.

Ditemani juga dengan seorang pendeta, irene yang kemudian memulai sebuah penyelidikan untuk dapat mengungkapkan tentang kematian dari suster Valak. Dalam film tersebut, untuk mendukung pemilihan latar waktu masa lampau, film The Nun memilih lokasi shooting yang berada di sebuah kastil tua yang dahulu adalah bekas tentara di Rumania, Kastil ini bernama Corvin atau yang dikenal juga dengan nama Kastil Hunyard.

Kastil ini adalah sebuah kastil tua yang terletak di Hunedoara, Transylvania, di Rumania. Tidak hanya sebuah tampilan luarnya saja yang tampak terkesan sangat gotik, namun kastil ini juga dikenal memang memiliki sejarah yang kelam di masa lalu. Disebutkan pada masa lalu banyak dari prajurit yang kemudian disiksa secara brutal di tempat ini.

Selain itu di dalam Kastil ini juga yang diketahui pernah dihuni oleh Vlad III yang dikenal juga sebagai Vlad The Impaler atau Count Dracula. Bahkan sutradara yaitu Corin Hardy, yang juga sempat mengalami sebuah gangguan dari makhluk halus di dalam castle ini. Hardy mengaku dirinya yang bertemu dengan dua arwah tentara Rumania di dalam salah satu lorong di kastil tua tersebut.

Syuting di Rumania

Proses syuting untuk film The Nun sendiri yang saat itu dimulai sejak Februari 2017 lalu, memakan waktu hingga 27 minggu waktu syuting. Sebagian besar syuting yang dilakukan di sebuah lokasi yang menjadi bekas benteng militer yang ada di Rumania, yang digunakan sebagai latar dari tempat suster Irene menyelidiki sebuah kematian Valak.

Setting latar cerita bernuansa horor klasik

Latar belakang dari waktu untuk film The Nun sendiri yang di-setting yaitu pada tahun 1952. Dalam film tersebut sehingga suasana dalam dibuat senyata mungkin untuk dapat menggambarkan kondisi Romania yang ada pada era tersebut. Sutradara Corin Hardy yang mengatakan, bahwa gaya dari sinematografi untuk film The Nun sendiri, akan berkiblat pada gaya film horor klasik. Tentunya tidak heran jika lokasi syuting film ini di bekas bangunan tua. Menampilkan sebuah suasana masyarakat Eropa yang ada di jaman dulu, termasuk juga dengan berbagai mitos dan juga takhayul mereka yang ada pada saat itu.

Ditangani oleh sutradara dan produser ternama

Salah satu fakta yang paling menarik dari film The Nun ini adalah sebuah keterlibatan nama-nama besar yang ada di dalam industri film Hollywood di belakang layar. Seperti halnya juga Corin Hardy sebagai sang sutradara, ia yang paling dikenal publik karena kepiawaiannya menangani film horor, seperti film The Hallow yang pada saat itu rilis tahun 2015 lalu.

Sementara itu dimana kursi produser, yaitu ada James Wan yang paling melegenda dalam dunia film horor, lewat karya karyanya yaitu Saw, Insidious, dan juga The Conjuring menjadi deretan film horor yang mendapatkan banyak perhatian bagi para penton. Ada pula Peter Safran yang merupakan produser dari film The Conjuring dan film Annabelle, serta ada juga Gary Dauberman yang merangkap sebagai seorang penulis skenario di film ini. Gray yang merupakan sosok di balik skenario dari film horor IT yang tahun lalu menjadi sebuah film horor yang mendulang sebuah sukses besar.

Apakah karakter Valak diadaptasi dari kisah nyata?

Faktanya, nama ‘Valak’ sendiri memang sebuah nama yang diadaptasi dari sebuah mitologi. Namun sosoknya yang digambarkan dalam film The Conjuring 2 dan The Nun sangatlah berbeda dari mitologi nama valak itu sendiri. Jika yang sebenarnya digambarkan sebagai sosok anak kecil dengan sayap malaikat yang kemudian menunggangi naga berkepala dua.

Menurut James Wan, tokoh Valak ini sebenarnya terinspirasi dari sosok makhluk halus yang saat itu pernah menghantui paranormal Lorraine Warren di rumahnya. Lorraine yang menggambarkan jika sosok tersebut sebagai makhluk yang berhujud seram dengan mengenakan tudung. Kisah Valak yang paling lengkap sendiri terdapat di dalam sebuah buku Lesser Key of Solomon.

Tanpa pemeran pengganti

Salah satu dari tokoh pemeran utama yang ada di dalam film ini adalah Demián Bichir yang dirinya memerankan diri sebagai pastor. Penampilan akting yang sangat total pun dilalui oleh sang aktor, karena pada saat itu sutradara Corin Hardy yang memintanya sendiri. Salah satunya yaitu adalah ketika ia yang terjatuh ke dalam sebuah luabang yang sangat gelap. Dalam adegan ini, Demián Bichir yang tampil tanpa menggunakan pemeran pengganti sama sekali.

Sempat Ganti Judul

Awalnya, film ini sendiri yang bukan berjudul The Nun, tapi diberi nama The story of Valak. Namun, James Wan yang menganggap jika judul tersebut tidak terlalu menarik. Maka ia pun yang kemudian memutuskan untuk mengubahnya menjadi lebih menarik dan memutuskan untuk mengubah judul menjadi The Nun. Soalnya, judul yang dipakai terkesan lebih pendek dan juga terdengar lebih misterius. Tampaknya keputusan, ini pun cukup berhasil. Film The Nun yang tidak hanya membuat para penonton penasaran lewat judulnya saja, melainkan juga cuplikannya.

Demikian itulah beberapa fakta menarik tentang Film The Nun yang sempat tayang beberapa tahun lalu. Film ini mendapatkan sebuah kesuksesan dari kemunculannya di seluruh dunia, walaupun film ini sebagian dikritik oleh banyak orang, namun film ini juga banyak mendapat review bagus.