Genre Film Terfavorit Berikut dengan Rekomendasi Filmnya !

Istilah dari Genre ini sendiri adalah sebuah kategori dari bentuk seni dalam dunia hiburan seperti : Film, Musik, yang mana berbentuk langsung Tulisan atau lisan, dan juga bisa berbentuk sebuah Audio Visual yang didasari langsung pada beberapa kriteria Gaya yang ada. Istilah ini sendiri berasal langsung dari Yunani Kuno. Dan bagi kebanyakan dari seorang penulis, lalu seorang seniman dan juga pembuat film, umumnya si cara yang paling sederhana dan juga praktis adalah mengkategorikan gaya cerita serta adanya konten yang berbeda. 

Buat arek-arek semua yang suka menonton film, sesuai judul yang ada kali ini saya akan membahas beberapa genre yang dianggap terfavorit dengan rekomendasi film di dalamnya. Bisa diketahui, dengan hadirnya kategori film ini akan mempermudah kalian selaku penonton mudah dalam menemukan apa yang memang kalian suka dan apa yang ingin kalian lihat. Dengan bisa menempatkan film pada genre atau kategori tertentu, maka bukan berarti kalian mengurangi kualitas dari film tersebut yang terkesan Biasa bahkan tidak memiliki Orisinalitas dan Kreativitas yang ada. 

Jika kalian masuk sebagai penggemar atau justru pembuat film, tentu saja sangat amat penting dalam menentukan tontonan kalian ini sebagai gambaran kalian dalam mempelajari genre-genre tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis Genre Film yang paling populer beredar dan ditonton banyak orang seperti : 

Genre : Aksi / Action / Laga 

Genre ini sendiri masuk menjadi salah satu genre film yang paling awal hadir. Genre Action ini memiliki hubungan dekat sekali dengan sebuah perselisihan klasik dan disertai oleh narasi perjuangan yang akan arek-arek semua temukan di semua jenis seni maupun sastra. 

Contoh awal sendiri sudah berasal dari segala hal yang dimulai dengan Epos Perang Historis sampai dengan beberapa penggambaran dasar dari perampokan kereta, lalu film aksi juga sudah populer di kalangan penonton bioskop dari awal-awal hadirnya genre ini. Hal itu juga sudah menjadi salah satu contoh terbaik mengenai evolusi dari perjalanan pahlawan Sinematik dan juga Narasi pahlawan Klasik Versus Penjahat yang bisa kalian temukan di seluruh bioskop dan genre nya tersebut. 

  1. Sub Genre : (1) Perang & Aksi Militer, (2) Aksi Mata-Mata atau Agen Spy & Spionase, (3) Aksi Seni Bela Diri, (4) Genre dengan Aksi Hibrida. 
  2. Contoh dari Film Luar Negeri dengan Genre Berikut : James Bond, Infinity War, Inception, Mr. and Mrs. Smith, Mission Impossible, Bloodshot, Police Story, DON 2 dan masih banyak lagi rekomendasi lainnya. 
  3. Contoh dari Film Dalam Negeri dengan Genre Berikut : The Raid, Headshot, lalu ada Buffalo Boys. 

Genre Komedi / Lucu 

Ini menjadi salah satu genre film yang banyak disukai oleh semua kalangan, baik itu usianya masih muda maupun sudah tua pasti sangat senang akan kehadiran dari jenis film yang satu ini. Jenis dari genre ini sendiri sangat amat menyenangkan, lalu cukup canggih dan juga Inovatif dakam menggembirakan para penonton selama beberapa dekade terakhir. 

Beberapa nama terbesar dalam sejarah dari dunia pembuatan film termasuk perintis langsung dari Genre Komedi seperti Buster Keaton, Charlie Chaplin, Lucille Ball, dan Mr.Bean membuat karir yang sangat sukses karena sudah menemukan cara Baru dan juga unik dalam membuat penonton jadi tertawa. 

Genre Komedi memang sudah menjadi salah satu yang jauh lebih Fleksibel. Hal ini dikarenakan, akarnya sendiri sudah masuk ke dalam jalinan sebuah sinema dan banyaknya genre lain yang sudah terkandung di dalamnya. Seni sendiri dapat menghangatkan hati dan bisa membawa senyum ke wajah pemirsa dan tidak akan pernah hilang nantinya. Beberapa sub genre utama juga sudah meliputi :

  1. Komedi Slapstick : gaya humor yang langsung melibatkan aktivitas fisik jauh berlebihan dan melebihi batas komedi fisik normal.
  2. Komedi Screwball : menunjukan gaya komedi kegilaan, eksentrisitas, kekonyolan dan perilaku yang sudah tidak menentu. 
  3. Parodi Komedi : suatu hasil karya yang memang digunakan untuk bisa memelesetkan, memberikan komentar atas karya asli, judul atau mengenai pengarangnya dengan cara yang jauh lebih lucu lagi (Satire). 
  4. Dark Komedi : atau sama saja dengan Dark humor yang biasanya umum ditemukan dengan makna yang mengerikan atau kejam di balik lelucon yang sedang dijalankan. 

A. Contoh film dalam negeri genre ini : My Stupid Boss 1 & 2, Pretty Boys, OKB Orang Kaya Baru, Yo Wes Band Movie atau Series, Warkop DKI Reborn dll. 

B. Contoh film luar negeri genre ini : Jumanji The Next Level, John English, Game Night, Shazam, dll. 

Genre Film Horor / Seram / Hantu 

Apakah arek-arek semuanya termasuk penggemar dari Genre yang satu ini ? jika memang benar, kita samaan nih rek. Saya juga senang banget jika menonton berbagai macam film horor yang sekali rilis maupun yang the Series. Film horor sendiri akan jauh lebih menitik pusatkan pada sebuah penggambaran dari peristiwa yang menakutkan atau mengerikan hanya demi hiburan semata saja.

Contohnya adalah film Keramat asal Indonesia, yang pastinya dalam beberapa adegan tersebut akan membuat kalian berpikiran jika hantunya pindah kerumah kalian kan rek ?apalagi pas kamera banget ada Mr.Poci alias Ocong ? saya juga gitu rek kebayang terus wkwkwk. Terlebih lagi film Keramat ini kan kayak sebuah dokumenter film Behind The Scene sebelum film itu terjadi dan memang benar adanya genre ini bisa menangkap imajinasi audiens yang cukup banyak akan hal-hal yang creepy, okultisme yang sangat menyenangkan. 

Berikut ini ada beberapa Sub Genre Utama seperti :

  1. Zombie Horror : sudah bisa diketahui, film ini memakai hantu dari tubuh manusia yang sudah meninggal dan bangkit kembali karena sebuah infeksi yang misterius sesuai alur ceritanya.
  2. Folk Horror : secara singkat subgenre ini mengacu pada tradisi Pagan Eropa yang dimulai dengan Ritual-Ritual Aneh, Penyembahan dan hal-hal mistis yang sebenarnya masih masuk dalam kategori tabu dan dianggap langsung sebagai cerita legenda saja.
  3. Body Horror : menjadi genre yang menampilkan langsung bagaimana tubuh manusia ini bisa berubah menjadi jauh lebih menyeramkan dengan posisi terletak salah, atau bagian tubuh yang ada  menjadi Monster. 

Film Luar Negeri dengan genre ini : Insidious 1 sampai 4, The Nun : Valak, Annabelle, The Amityville, Hereditary, Mad Sommar, Siccin Series dll.

Lalu film dalam negeri ada : Pengabdi Setan, Danur, Maddah 2, Suzanna Benapas dalam Kubur, Perempuan Tanah Jahanam, Keramat dll. 

Genre Film Romantis / Romance

Biasanya ya rek, kalau genre ini akan berhubungan dengan adanya keintiman. Kadang juga memiliki sisi Plot Twist yang jauh lebih gelap namun, idenya sendiri masih bersandar [pada sebuah konflik alami yang berasal dari pengejaran Keintiman dan cinta. Hampir serupa dengan Genre aksi dan Komedi, bahwa genre romansa ini sendiri sudah menjadi kekuatan utama pada hampir semua Genre film lainnya. Adapun beberapa sub genrenya yang terbagi atas : (1) Sejarah Roman, (2) Drama Percintaan Romantis, (3) Komedi Romantis, (4) Roman Paranormal. 

l> Film Luar negeri direkomendasikan : Titanic, A Starts is Born, The Fault in Our Stars.

l> Film dalam negeri : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, AADC 1&2, Habibie Ainun, Heart, dll. 

Genre Film Thriller / Teka Teki Misterius 

Dalam alur cerita genre ini lebih memiliki tujuan mengenai Emosional yakni dengan memperoleh emosi yang kuat. Sebagian besar akan mendatangkan ketegangan serta kecemasan. Film Thriller sendiri sudah menjadi sebuah arus utama sehingga jauh lebih memungkinkan waktunya dalam mengubah nama menjadi Summer Blockbuster Event. Kebangkitan jenis ini sudah ada sejak kebangkitan dari Novel-Novel detektif mata-mata tahun 1960 sampai dengan 1970 an. 

Sub Genre : 

  1. Thriller Konspirasi – yang berisi akan kasus pembunuhan, lalu tentang gangguan kejiwaan, misteri penuh praduga dll. Akan masuk ke dalam Thriller penuh konspirasi.
  2. Crime Thriller – masuk ke dalam sebuah kehidupan seorang penjahat atau mengenai misteri dan bisa juga tentang segala macam kejahatan dan harus bisa kalian bongkar. 
  3. Thriller Hukum : berarti masuk untuk fisi kejahatan yang karakter utamanya adalah pengacara 
  4. Diisi dengan Spy Thriller dan juga Thriller Supernatural. 

Contoh film-film dari genre ini sendiri adalah : Parasite, Black Swan, Marlina si Pembunuh dalam 4 Babak, Membabi Buta dll.